RUFAIDAH HOME CARE

Beranda » Sistem informasi keperawatan » Komputerisasi Manajemen Pelayanan Keperawatan di RS

Komputerisasi Manajemen Pelayanan Keperawatan di RS

Mari berteman

Perkembangan Teknologi melahirkan telah semangat perubahan yang luar biasa pada kita. komputer, sistem informasi dan SDM menjadi satu kesatuan yang utuh. didunia perbankan, industri, perusahaan bahkan pendidikan, Teknologi informasi menjadi supporting system yang kokoh.
begitu juga didunia kesehatan. Rumah sakit-rumah sakit terus mengembangkan sistem informasinya sehingga diharapkan mampu meningkat “performanya”.

Perkembangan yang luar biasa dari teknologi informasi yang kemudian oleh hampir semua rumah sakit dikemas menjadi sebuah sistem dengan beragam nama, menjadikan sistem pelayanan di rumah sakit, khususnya dalam konteks billing sistem menjadi lebih terukur dan teratur.

Terlepas dari perkembangan sistem infomasi di rumah sakit yang sampai sekarang “terus ramai” dikembang dan diimplementasikan, sesungguhnya ada satu sistem penunjang utama pelayanan rumah sakit yang sampai sekarang tidak banyak dibahas dalam setiap pembahasan sistem informasi rumah sakit. apa itu?
Perkembangan teknologi di bidang kesehatan telah melahirkan pemikiran bahwa dokumentasi asuhan keperawatan dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan sistematis. Dengan ini maka efisiensi akan didapat dan aktivitas pendokumentasian asuhan keperawatan dapat dilakukan dengan benar oleh setiap perawat.

Dengan adanya pendokumentasian asuhan keperawatan yang benar, legal dan sistematis tersebut, maka setiap tindakan keperawatan yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Selain itu, pendokumentasian asuhan keperawatan yang benar, legal dan sistematis dapat digunakan sebagai data untuk merencanakan asuhan keperawatan yang akan datang, sehingga asuhan yang diberikan dapat efektif dan efisien.

Rumah sakit-rumah sakit di negara maju telah menyikapi kondisi tersebut dengan menggunakan komputer dalam pendokumentasian asuhan keperawatan klien. Sistem pencatatan dengan menggunakan komputer diterapkan pertama kali di rumah sakit El Camino, California pada akhir tahun 1960-an. Di masa itu, komputer digunakan untuk mengolah seluruh data klien yang diperoleh selama klien dirawat di rumah sakit. Tahun 1970-an banyak institusi kesehatan yang mengembangkan Sistem Informasi Manajemennya (SIM) dengan menggunakan komputer. Seiring perkembangan praktik keperawatan, pada tahun 1980-an dibuat software khusus keperawatan untuk mempermudah pendokumentasian yang dikenal dengan istilah Computer-based Patient Record System (CPRS). Di tahun tersebut, microcomputer atau Personal Computer (PC) juga diciptakan. Hal tersebut menjadikan penggunaan komputer lebih mudah digunakan oleh perawat maupun praktisi kesehatan lainnya. (Saba&McCormick, 1996 disitasi dari Craven&Hirnle, 2000)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: